Ikuti @fauzinesia

Kebiasaan Hari Raya

Enonk Eno 4 8/01/2014
Hari senin tadi umat Islam merayakan hari raya Eidul Fitri. Setelah 'sebagian orang' full puasa, akhirnya hari kolesterol nasional pun tiba. (Saran: jauhi timbangan) Eh, sebelumnya maafin ya kalau-kalau ada salah selama nulis di blog ini. *salaman satu2*

Postingan kali ini akan bahas kebiasaan pas hari raya, khususnya Eidul Fitri di Indonesia. Monggooo disimak.



1. Baju baru

Kalau ini entah ada hubungannya sama hari raya atau nggak, yang jelas dari zaman Firaun masih netek, sebagian kita tahu kalau hari raya, kudu musti wajib baju baru. Padahal udah ada lagunya " Baju baru Alhamdulillah, dipakai dihari raya. Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama". Kalau nggak salah gitu liriknya.

2. Album religi

Banyak artis, khususnya penyanyi mendadak religi. Bikin album religi lah contohnya. Atau gak, artis-artis mendadak religi. Bagus sih, minimal para artis yang biasa sekseh itu nutup aurat pas bulan puasa sama lebaran. Urusan entar mah urusan doi sama sang pencipta. Mau balik pake celana gemes ya urusan dia.

3. 'LEBARAN'

Kenapa pake capslock mode on? Itu kembali ke paragraf awal, yaitu hari kolesterol nasional. Lebaran disini dalam arti sebenarnya, 'Badan Melebar' setelah lebaran. Nggak semua sih ya. Maklum, ini juga bagi mereka yang imannya lemah sama makanan-makanan khas hari raya. Kalau anak kost, ini ajang pembuktian kalau pulang kampung itu perbaikan gizi. Jadi nggak apa-apa. Sikat aja. Paling jaga jarak sama timbangan.

4. Sms maaf-maafan

Entah di negeri belahan mana, mungkin juga ada yang begini. Tapi, kalau orang Indonesia yang udah main hp di bawah 2008, pasti sering hari raya dapat sms unik. Mulai pantun, 'Sebening embun seputis kapas bla bla bla', ngaku-ngaku artis kaya 'Saya dan segenap artis bla bla bla mohon maaf bla bla bla'. Atau bikin gambar bentuk bangunan mesjid, ketupat, atau ciri khas hari raya lainnya pake 'simbol' di hp. MANUAL!! Dan ini semacam kebanggaan juga kalau dipakai teman. Tapi bagi yang malas, kalau dapat, ya disimpan buat tahun depan. Hahaaa..

Dan ini ngirimnya harus satu-satu. Soalnya jaringan dulu kalau hari raya pasti lelet. Jadi nunggu satu terkirim, baru kirim lagi. Harus hati-hati juga. Kalau terkirim 2 sms, kan mahal waktu itu. Kalau ada provider gratis pas hari raya, itu lah ‘The Real MVP di zamannya.

MMS sih bisa dulu, cuman mahal. 1000 perak paling murah. Sekarang tinggal pilih sticker, gambar, kirim, udah. Murah pula.

5. Mantan minta maaf

Hari raya memang berkah. Mantan yang musuhan pun minta maaf. Walaupun bukan doi yang salah dulunya. Maklum, kebanyakan orang sekarang broadcast message, kirim kebanyak, jadi nggak kefilter tuh penjahat hati masa lalu. Jadi jangan dikira mantan ngasih sinyal balikan. Jangan.

6. Jomblo cengar-cengir

Kenapa? Karena yang biasanya cuman dapet sms provider, sekarang banyak dapat sms/bbm/dll. Kenapa lagi? Yaa, seperti poin 5, nggak ke-filter. *jahat*

7. Mudik

Nah ini, paling khas dari orang kita. Entah ini pake pesawat, kereta, kapal laut, bus, travel, mobil, motor, motor dibuat dalam mobil, semuanya penuh dijalanan. Bayangin, berjuta-juta orang, pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam hitungan beberapa hari. Ada yang dari luar negeri. Walau dipastikan tiket saat-saat seperti ini mahal. Demi ketemu keluarga di kampung halaman, atau mantan yang sudah punya anak di kampung halaman.

8. Nyekar/ziarah

Beda-beda daerah kalau yang ini waktunya. Ada yang awal ramadhan, ada yang pas hari raya-nya. Katanya, kapan lagi silaturrahmi sama keluarga yang sudah meninggal di kampung halaman kalau nggak pas momen lebaran.

Jadi ingat waktu lebaran tahun kemaren. Waktu masih ponakan kecil, aku bawa ke makam kakek. Namanya Nabila, 3,5thn waktu itu. Doi nanya
*percakapan absurd*
'kakeknya mana om?'
'Di dalam sini Bil' *nunjuk kuburan*
'Kenapa di masukin dalam tanah?'
'Karena meninggal pas tabrakan'
'Kenapa nggak dibawa kerumah sakit? Malah dikubur dalam tanah?'
'Nggak sempat Bil. Yaudah, Nabila baca doa aja. Doa apa yang bisa?'
'Doa makan om'

Dan jadilah, aku baca Yasin, dia ngulang-ngulang baca doa makan. Kalau ada kecap, bisa-bisa dimakannya tuh bunga-bunga di atas kuburan.

9. Potong rambut

Entah ini ada di daerah kalian atau tidak, tapi ini sudah semacam peraturan tak tertulis. Biasanya beberapa hari sebelum hari raya, orang-orang potong rambut biar rapi. Dan ini meresahkan aku pribadi! Kenapa? Karena aku sudah tampan dengan keriting kucel semriwing ini!

10. Pertanyaan kapan nikah/lulus

Untuk ini, mungkin umur di atas 24 atau mahasiswa akhir (banget) korban skripsi. Jadi, sabarlah. Siapkan jawaban sebelum silaturrahmi.

11. Nitip KOTA

Mungkin dari sekian kebiasaan, kalau di pikir lagi*mikir*, inilah yang paling absurd.
Contoh:
“Nitip Banjarmasin yaaa~~~”
“Nitip Bandung yaaa~~~~”
Sekalian aja nitip pacar kalau gitu. Mehhh

12. Foto bareng ponakan

Biasanya ini yang cewek. Konon kabar yang beredar, ini semacam sinyal ke pacar biar segera melamar.
Biasanya habis upload nulisnya/tweetnya gini:

"’link foto’Duh, udah dibilang keluarga cocok berkeluarga nih bla bla bla.."
Atau
"Cocok nggak guys? 'link foto'..."

Jadi, perhatikan avatar/pict profil pacar kalian saudara ku setanah air. Tapi, sekali lagi ini masih konon lo ya.


Ok, sekian dulu postingan kali ini. Silahkan tambahkan sendiri kalau ada yang lain. Selamat menikmati lebaran kawans! Kalau nanti balik ketempat asal, hati-hati dijalan yaw!:D

ARTIKEL TERKAIT:

4 Ninggal jejak

Haha. Betul semua kayaknya ya. Walau aku gak ikutan lebaran pasti selalu ngalamin dan ngeliat org2 ngelakuin yg begituan.
Kunjungan perdana nih wal. Haha. Orang banjarmasin kan?

Aih, orang Banjarmasin juga kah?

1367 yang saya lakukan saat lebaran
Baju baru alhamdulillah-------------> pammadistro.blogspot.com

Waah, koleksi bajunya keren2.:@v@ Thanks yaa sudah berkunjung.

Post a Comment

Mari kasih komentar, kritik, dan saran. Jangan lupa juga isi buku tamunya. :D

NB: No Porn, No Sara', No women, No cry

Cari disini

logo blogger banua taken at randi azmi blog photo bloggerbanua_zpsc4d799fd.png
 photo logobloggeryeskompres.png
donor photo Reinhart-Blood-Drive.png

#Pengunjung

Instagram