Ikuti @fauzinesia

Ketika "Adalah" diganti "Hanyalah"

Enonk Eno 3 7/23/2013


Ingat ngga waktu kita SD dulu, waktu pelajaran Bahasa, kita sering dengar kata "Adalah". Sampai sekarang juga masih eksis tuh kata. Seperti "Aku adalah anak gembala", "Aku adalah pemimpin ini itu" dan bla bla bla. Pernah mikir ngga kalo kata "Adalah" di ganti "Hanyalah"? Ku sih ngga kepikiran, sampai kemaren, waktu baca2 timeline twitter, ada tweet Mbah Jiwo yang membahas 2 kata itu.

Memang, mungkin ini simpel, sangat biasa malahan. Tapi coba kita eja kalimat "Aku adalah penemu hukum Gravitasi", lalu kita eja kalimat "Aku hanyalah penemu hukum Gravitasi". Berasa ngga? Lebih dalem mana? Kalo lebih dalem yang kalimat yang kedua, berarti pikiran kita sama. Tapi kalo lebih dalem yang pertama, silahkan close tab. Heheee

Ku, habis sadar peristiwa "Biasa" ini, sering mikir kalo seandainya kata "adalah" hanya untuk tuhan, sedangkan "Hanyalah" untuk kita manusia, pasti semua akan terasa lebih tentram. Yah, walaupun tergantung intonasi pengucapan juga sih.:D

Senyum-senyum sendiri juga kalo mikir apa yang ku tulis di atas terjadi. Misalkan, ngomong "Ku hanyalah orang kaya" dihadapan orang yang kurang berada. Pakai intonasi apapun, bisa di tabok tuh.

Akan tetapi, penggantian kata "Adalah" dengan "Hanyalah", bisa membuat kita terlihat rendah diri, ngga bersyukur, dan pandangan meremehkan di mata mereka yang ngga paham dari apa yang kita maksud.

Mungkin, yang lebih penting dari apa yang ku tulis ini adalah makna dari kesederhanaan. Dimulai dari perkataan yang pasti. Ku jadi tertarik nulis ini juga mungkin karena termasuk orang yang ngga terlalu suka dengan orang yang "Sok", yang bertipe "Adalah".

Dan, kadang kita cuma bisa memahami, yang pemahaman kita berbeda dengan pemahaman orang lain. Tak semua yang kita jalani selama ini benar. Dan, aku "hanyalah" nulis apa yang diperintah otak.;)

ARTIKEL TERKAIT:

3 Ninggal jejak

Nice Post... jangan lupa kunjungi blog aku ya
http://fchrz.wordpress.com/

Penggantian kata 'adalah' menjadi 'hanyalah' jadi lebih down to earth gitu ya rasanya :)

fchrz_ok brooo
Anggi_hihii. Iya. Awalnya gak kepikiran juga, tapi, ternyata dalem kalau diganti.:)

Post a Comment

Mari kasih komentar, kritik, dan saran. Jangan lupa juga isi buku tamunya. :D

NB: No Porn, No Sara', No women, No cry

Cari disini

logo blogger banua taken at randi azmi blog photo bloggerbanua_zpsc4d799fd.png
 photo logobloggeryeskompres.png
donor photo Reinhart-Blood-Drive.png

#Pengunjung

Instagram