Ikuti @fauzinesia

Dasar Psikologis Untuk Strategi Pendidikan Aqidah

Enonk 1 10/07/2011
Dasar Psikologis Untuk Strategi Pendidikan Aqidah




1. Pengertian Aqidah
Yang dimaksud dengan aqidah menurut etimologi, adalah ikatan, sangkutan. Disebut demikian, karena ia mengikat dan menjadi sangkutan atau gantungan segala sesuatu. Dalam pengertian teknis artinya adalah iman atau keyakinan. Akidah Islam (aqidah Islamiyah), karena itu, ditautkan dengan rukun iman yang menjadi asas seluruh ajaran Islam. Kedudukannya sangat sentral dan fundamental, karena seperti telah disebutkan di atas, menjadi asas sekaligus sangkutan atau gantungan segala sesuatu dalam Islam. Juga menjadi titik tolak kegiatan seorang muslim.

2. Cara Mengajarkan Aqidah
Si anak mulai mengenal Tuhan dan agama melalui orang-orang dalam lingkungan tempat mereka hidup. Jika mereka lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang beragama, mereka akan mendapat pengalaman agama itu melalui ucapan, tindakan dan perlakuan. Mereka mendengar nama Tuhan disebut oleh orang tua atau orang lain dalam keluarganya.

Kata Tuhan yang pada mulanya mungkin tidak menjadi perhatiannya, tapi lama kelamaan akan menjadi perhatiannya dan ia akan ikut mengucapkannya setelah ia mendengar kata Tuhan itu berulang kali dalam berbagai keadaaan, tempat dan situasi, apalagi ia melihat mimik muka yang membayangkan kesungguh-sungguhan ketika kata itu diucapkan, maka perhatiannya akan bertambah yang lama kelamaan menimbulkan pertanyaan dalam hatinya, siapa Tuhan itu ? Karena itu maka anak pada umur 3 atau 4 tahun telah mulai menanyakan kepada orang tuanya siapa Tuhan itu.

Apapun jawaban orang tua saat itu akan diterimanya dan itulah yang benar baginya. Andaikata orangtuanya trsalah dalam menjawab pertanyaannya itu, maka yang akan tumbuh dalam jiwanya itu adalah yang salah itu, kecuali jika diperbaiki nanti oleh guru agama setelah ia masuk sekolah. Demikianlah seterusnya tentang doa-doa singkat yang dapat diikutinya.

Tindakan dan perlakuan orang tusa terhadap dirinya dan saudara-saudaranya merupakan unsur-unsur yang akan menjadi bagian pribadinya pula dikemudian hari. Tindakan dan perlakuan orang tua yang sesuai dengan ajaran agama akan menimbulkan pada si anak pengalaman-pengalaman hidup yang sesuai dengan agama yang kemudian akan bertumbuh menjadi unsur-unsur yang merupakan bagian dalam pribadinya nanti.

Sikap orang tua terhadap agama akan memantul kepada si anak jika orang tua menghormati ketentuan-ketentuan agama, maka akan bertumbuhlah pada anak sikap menghargai agama, demikian pula sebaliknya, jika sikap orang tua terhadap agama itu negatif, acuh tak acuh atau meremehkan, maka itu pulalah sikap yang akan bertumbuh pada anak.

Al-Quran al-Karim mengajarkan kepada kedua orang tua cara berbicara dengan anak-anaknya melalui contoh yang terkandung dalam surah Luqman ayat (13) :

“Dan (Ingatlah) ketika Luqman Berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

Teks Al-Quran ini mengarahkan secara halus kepada kedua orang tua cara berbicara kepada anak-anaknya. Kita dapat mengambil manfaat dari ayat ini tiga hal berikut:
Pertama: ungkapan kata “wahai anakku” Artinya, seorang ayah atau ibu apabila berbicara dengan putra-putrinya hendaknya menggunakan kata kekasihku,belahan jiwaku,kehidupanku, dan ungkapan-ungkapan lain yang serupa.

Kedua: “Ketika dia memberi pelajaran kepada anaknya”. Ungkapan ini menunjukkan pentingnya kata yang lembut disertai rasa cinta kasih ketika kedua orang tua berbicara dngan anak-anaknya.

Ketiga: Firman Allah mengatakan, “ Sesungguhnya mempersekutukan Allah benar-benar kezaliman yang besar.” Ini menyarankan kepada kedua orang tua, agar ketika menyuruh dan melarang harus menggunakan argumentasi yang logis. Ketika seorang putrinya pergi sendirian ketempat-tempat tertentu, larangan tersebut harus mnggunakan alas an tang tepat. Misalnya mengatakan, “kepergianmu sendirian itu, dapat membuatmu dituduh yang bukan-bukan oleh musuh atau orang yang dengki kepadamu, dan kala itu kamu sulit membersihkan tuduhan tersebut dari dirimu.” Seorang ayah juga dapat melarang anak-anaknya duduk begadang dijalanan hingga larut malam. Dengan alasan tertentu. Misalnya berkata, “ Duduk-dudukmu dijalanan itu bisa membawa dampak negatif terhadapku dan keluarga. Alangkah baiknya sekiranya duduk-dudukmu dijalanan itu kamu ganti dengan duduk dimesjid mengaji Al-Quran karena kamu pemuda yang pintar dan beradab.

B. Dasar Psikologis Untuk Strategi Pendidikan Akhlak

1. Pengertian Akhlak
Dalam kehidupan sehari-hari akhlak umumnya disamakan artinya dengan budi pekerti, kesusilaan, sopan-santun dalam bahasa Indonesia, dan tidak berbeda pula dengan arti kata moral, ethic dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Yunani, untuk pengertian akhlak ini dipakai kata ethos, ethikos, yang kemudian menjadi ethika (pakai h), etika (tanpa h) dalam istilah Indonesia. Manusia akan menjadi sempurna jika mempunyai akhlak terpuji (al-akhlaq al-mahmudah) serta menjauhkan segala akhlak tercela (al-akhlaq al-mazmumah).

Menurut Ahmad Amin Akhlak adalah kehendak yang dibiasakan. Adapun kehendak adalah ketentuan dari beberapa keinginan manusia setelah bimbang, sedangkan kebiasaan adalah perbuatan yang diulang-ulang sehingga mudah untuk dilakukan. Masing-masing dari kehendak dan kebiasaan itu mempunyai kekuatan, dan gabungan dari dua kekuatan itu menimbulkan kekuatan yang lebih besar, dan kekuatan besar itulah bernama akhlak.

Jadi menurut Ahmad Amin, akhlak haruslah timbul melalui proses berpikir lebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan, bahwa akhlak adalah kehendak yang dibiasakan, sedangkan kehendak disini keluar dari kebimbangan, orang harus berpikir dan dari berpikir itulah kemudian lahir keinginan tertentu atau yang telah dapat dipastikan, karena itu akhlak lahir melalui proses berpikir.

Manusia tidak dilihat dari harta, ilmu atau kekuasaannya, tetapi ditentukan sepenuhnya oleh akhlak yakni perbuatan yang baik atau taqwanya dan seberapa jauh nilai-nilai etika menjiwai dan mewarnai segala tindakannya.agama adalah sumber akhlak yang tidak pernah kering, karena agama memperhatikan dan mengatur setiap perbuatan manusia. Jadi, akhlak menjadi salah satu ajaran yang amat penting dalam agama apapun, rasanya semua agama sepakat dan mempunyai pndangan yang sama, yakni semua agama memerintahkan pemeluknya berbuat baik dan melarang berbuat jahat.

2. Klasifikasi Akhlak
Akhlak manusia terdiri atas akhlak yang baik (al-akhlaq al-mahmudah) dan akhlak yang tercela (al-akhlak al-mazmumah), sehingga harus diperhatikan baik sejak mau tidur hingga bangun dari tidurnya, sejak bangun tidur sampai akan tidur kembali. Akhlak mempunyai beberapa keistimewaan yang mampu melebihi keunggulan dari pada paham-paham moral non Islam, karena akhlak bersumber dari Al-Quran. Hal ini sesuai dengan hadits Rasul yang berbunyi kana khuluquhu al-Quran,artinya bahwa akhlak Rasul adalah Al-Quran, sedangkan rasul itu sebagai teladan, uswatun hasanah. Adapun keunggulan-keunggulan akhlak Islam adalah
a. Akhlak memperhatikan keseimbangan dunia dan akhirat
Zuhud memang termasuk ajaran Islam, namun berbeda dengan Zuhud yang sesat yakni menolak dunia. Zuhud dalam Islam mempunyai cirri-ciri yakni tidak memenuhi dan tidak menolak kehidupan duniawi, dan zuhud bersifat social, bukan zuhud yang bersifat indivisual.
b. Akhlak melebihi moral absolut dan universal
Yang dimaksud absolute adalah bahwa kebenaran akhlak Islam bersifat mutlak, mempunyai wujud atau bentuk, tidak relatif atau nisbi seperti halnya moral sekuler. Karena mutlak, kebenaran akhlak Islam tidak bisa ditawar-tawar dan tidak berubah, dengan berubah atau bedanya ruang dan waktu. Yang dimaksud universal adalah bahwa kebenaran akhlak Islam diakui semua orang dan berlaku untuk semua orang, kapanpun dan dimanapun. Bukan kebenaran yang sifatnya subjektif, hanya benar atau baik menurut selera kelompok orang tertentu.
3. Dasar Psikologis untuk strategi pendidikan akhlak
Cara mengajarkan akhlak dapat dilakukan dengan taqdim al-takhali an al-akhlaq al-mazmumah suma al-tahalli bi al-akhlaq al-mahmudah, yakni dalam membawakan ajaran moral atau al-akhlaq al-mahmudah adalah dengan jalan takhalli (mengosongkan atau meninggalkan) al-akhlaq al-mazmumah (akhlak yang tercela), kemudian tahalli (mengisi atau melaksanakan) al-akhlaq al-mahmudah (akhlak yang terpuji). Dalam pengajaran akhlak itu haruslah menjadikan iman sebagai fondasi dan sumbernya. Iman itu sebagai nikmat besar yang menjadikan manusia bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dapat dikatakan bahwa cara yang ditempuh dalam membawakan ajaran-ajaran akhlak adalah sebagai berikut.

a. Dengan cara langsung
Nabi Muhammad saw itu sebagai muallim al-nas al-khair yaitu sebagai guru yang terbaik. Oleh karena itu, dalam menyampaikan materi ajaran-ajarannya di bidang akhlak secara langsung dapat menggunakan ayat-ayat al-Quran dan al-Hadits tentang akhlak dari nabi Muhammad. Dengan ayat-ayat al-Quran dan al-Hadits tentang akhlak cara langsung itu ditempuh oleh Islam untuk membawakan ajaran-ajaran akhlaknya. Maka wajib atas tiap makhluk mengikuti perintah Allah Swt dan rasulNya. Contoh ayat mengenai pengajaran akhlak antara lain:

“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (QS.Al-Hujurat: 11)

Al-Quran mengajarkan supaya anak berbakti kepada ibu dan bapaknya, sebaliknya sebagai orang tua juga mempunyai kewajiban untuk mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik. Sebagaimana firman Allah:

“ Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya Telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, Hanya kepada-Kulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, Kemudian Hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang Telah kamu kerjakan. (Luqman berkata): "Hai anakku, Sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS.Lukman:14-16)

Selain beradab atau berakhlak kepada bapak dan ibu atau kedua orang tua, orang kecil harus beradab dengan orang yang besar, orang muda harus beradab kepada orang yang tua, adab bapak mendidik anak, adab murid dan guru dan adab mencari atau menuntut ilmu. Dengan demikian, semua aspek kehidupan manusia sudah diatur oleh aturan-aturan yang tercantum dalam syar’i.

b. Dengan cara tidak langsung
Dalam menyampaikan ajaran-ajaran akhlaknya, juga dapat menggunakan cara yang tidak langsung yaitu:

1. Kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai akhlak
Anak suka mendegarkan cerita-cerita atau kisah-kisah yang diberikan oleh orang tuanya. Kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai akhlak banyak dikemukakan dalam ajaran Islam antara lain Kisah Nabi-nabi dan ummat mereka masing-masing, kisah yang terjadi dikalangan Bani Israil, kisah pemuda-pemuda penghuni gua (ashabul kahfi), kisah perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad dan lain-lain. Karena sangat pentingnya kedudukan kisah dalam kehidupan manusia, agama Islam memakai kisah-kisah untuk secara tidak langsung membawakan ajaran-ajarannya di bidang akhlak, keimanan dan lain-lain.

2. Kebiasaan atau latihan-latihan peribadatan
Peribadatan seperti shalat, puasa, zakat, haji perlu dibiasakan atau diadakan latihan. Apabila latihan-latihan peribadatan ini betul-betul dikerjakan dan ditaati, akan lahirlah akhlak Islam pada diri orang yang mengerjakannya sehingga orang itu menjadi orang Islam berbudi luhur. Dengan kebiasaan atau latihan-latihan ibadah kepada si anak dapat menumbuh kembangkan jiwa pribadi muslim yang baik. Sehingga si anak menjadi bibit yang tangguh, tahan uji dan berakhlak mulia sebagai seorang muslim. Dengan demikian dalam mengajarkan akhlak terutama kepada anak, dengan memberikan nasihat kepada anak agar menjauhkan akhlak tercela, kemudian mengisi, melaksanakan akhlak terpuji.

Dasar yang menunjukkan tentang pentingnya pendidikan akhlak dan peranan keluarga adalah hadis Nabi yang intinya bahwa tidak ada sesuatu pemberian seorang bapak kepada anaknya yang lebih baik daripada akhlak yang baik.juga dikatakan, seseorang lebih baik mengajar anaknya daripada bersedekah setengah gantang kepada orang miskin. Juga dikatakan, agar kita senantiasa memuliakan dan memperbaiki akhlak mereka.

C. Dasar Psikologis Untuk Strategi Pendidikan Ibadah

1. Pengertian Ibadah
Ibadah adalah kesempurnaan cinta dan ketundukan. Barang siapa yang kamu cintai tetapi kamu tidak tunduk kepadanya, maka kamu bukanlah orang yang beribadah (mengabdi) kepadanya dan barang siapa yang kamu tunduk kepadanya tanpa disertai kecintaan, maka kamu bukanlah orang yang beribadah (mengabdi) kepadanya, sehingga kamu mencintai tunduk patuh. Konteks ibadah sangat luas sekali sehingga meliputi setiap perbuatan yang di cintai Allah. Jadi ibadah itu adalah nama yang mencakup setiap sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah berupa perkataan dan perbuatan yang bersifat zhahir maupun bathin.

2. Cara Mengajarkan Pendidikan Ibadah
Sembahyang atau berdoa, yang menarik bagi anak-anak adalah yang mengandung gerak dan biasa (tidak asing baginya). Doa anak-anak itu bersifat pribadi , minta sesuatu yang diingininya, minta ampun atas kesalahannya. Dan terdapat pula keinginan-keinginan yang kuat untuk minta tolong atas hal-hal yang tidak mampu dia mencapai atau melakukannya.

Bagi anak yang lebih besar lagi mungkin sembahyangnya adalah untuk minta ampun atas kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya, atau untuk berterima kasih. Aktivitas agama di mesjid, di rumah-rumah ibadah lainnya, atau di sekolah agama, mungkin menarik perhatian anak-anak, karena pakaian seragam yang berwarna-warni. Mereka suka menyanyi dan upacara-upacara keagamaan memikat hati mereka. Dia gembira menyaksikan orang-orang yang sedang sembahyang. Sikapnya agak aneh, campuran antara kagum dan ingin tahu, maka ia harus menjadi seorang yang aktif dalam upacara agama, misalnya ikut main dalam drama agama, nyanyian-nyanyian agama dan dalam melakukan pengabdian sosial atas nama agama.
Apabila suatu keluarga jarang pergi ketempat ibadah, anaknya akan kurang aktif dalam soal-soal agama. Demikianlah anak-anak yang hidup dalam keluarga yang kurang menjalankan agama dalam kehidupannya sehari-hari, maka perhatian anak-anak terhadap agama akan kurang pula.
Cara Rasulullah dalam memberikan methode penanaman shalat, agar anak terbiasa melaksanakannya. Pembiasaan dimulai sejak umur 7 tahun, pada keterangan Nabi yamg lain jika anak sudah dapat membedakan arah . Adapun jika sudah berumur 10 tahun mereka membandel shalat Rasulullah memerintahkan memberikan sanksi yang bersifat mendidik, yakni dipukul. Dengan shalat jiwa sang anak menjadi semakin dekat kepada Allah tenteram rasanya, ia dapat membedakan mana perbuatan dosa dan tercela.

lirik "Nothing" The Script

Enonk 1 10/02/2011
lirik "Nothing" The
Script


Am I better off dead?
Am I better off a quitter?
They say I'm better off
now Than I ever was
with her As they take me
to my local down the street I'm smiling but I'm
dying trying not to drag
my feet
They say a few drinks
will help me to forget her
But after one too many I know that I'm never
Only they can’t see where
this is gonna end They all
think I'm crazy but to me
it's perfect sense [Chorus]
And my mates are all there trying to calm me
down 'Cause I'm shouting
your name all over the
town I'm swearing if I go
there now I can change
her mind turn it all around And I know that I'm
drunk but I’ll say the
words And she'll listen
this time even though
they’re slurred Dialed her
number and confessed to her I'm still in love but all
I heard Was nothing
[Verse 2] So I stumble
there, along the railings
and the fences I know if I
faced her face, that she'll come to her senses Every
drunk step I take leads
me to her door If she sees
how much I'm hurting,
she'll take me back for
sure [Chorus] And my mates are all there trying
to calm me down 'Cause
I'm shouting your name
all over the town I'm
swearing if I go there
now I can change her mind turn it all around
And I know that I'm
drunk but I’ll say the
words And she'll listen
this time even though
they’re slurred Dialed her number and confessed to
her I'm still in love but all
I heard Was nothing She
said nothing Oh, I wanted
words but all I heard was
nothing Oh, I got nothing Oh, I got nothing Oh, I
wanted words but all I
heard was nothing Ohh,
sometimes love's
intoxicating Ohh, you're
coming down, your hands are shaking When you
realize there's no one
waiting Am I better off
dead? Am I better off a
quitter? They say I'm
better off now Than I ever was with her
[Chorus] And my mates
are all there trying to
calm me down 'Cause I'm
shouting your name all
over the town I'm swearing if I go there
now I can change her
mind turn it all around
And I know that I'm
drunk but I’ll say the
words And she'll listen this time even though
they’re slurred Dialed her
number and confessed to
her I'm still in love but all
I heard Was nothing She
said nothing Oh, I wanted words but all I heard was
nothing Oh, I got nothing
I got nothing I wanted
words but all I heard was
nothing Ohh I got nothing
I got nothing [x3]

Lirik I'm Yours : The Script

Lirik I'm Yours : The
Script


You touch these tired
eyes of mine And map
my face out line by line
And somehow growing
old feels fine I listen close
for I'm not smart You wrap your thoughts in
works of art And they're
hanging on the walls of
my heart I may not have
the softest touch I may
not say the words as such And though I may not
look like much I'm yours
And though my edges
may be rough I never feel
I'm quite enough It may
not seem like very much But I'm yours You healed
these scars over time
Embraced my soul You
loved my mind You're the
only angel in my life The
day news came my best friend died My knees
went week and you saw
me cry Say I'm still the
soldier in your eyes I may
not have the softest
touch I may not say the words as such And
though I may not look
like much I'm yours And
though my edges may be
rough I never feel I'm
quite enough It may not seem like very much But
I'm yours I may not have
the softest touch I may
not say the words as such
I know I don't fit in that
much But I'm yoursrt You wrap your thoughts in
works of art And they're
hanging on the walls of
my heart I may not have
the softest touch I may
not say the words as such And though I may not
look like much I'm yours
And though my edges
may be rough I never feel
I'm quite enough It may
not seem like very much But I'm yours You healed
these scars over time
Embraced my soul You
loved my mind You're the
only angel in my life The
day news came my best friend died My knees
went week and you saw
me cry Say I'm still the
soldier in your eyes I may
not have the softest
touch I may not say the words as such And
though I may not look
like much I'm yours And
though my edges may be
rough I never feel I'm
quite enough It may not seem like very much But
I'm yours I may not have
the softest touch I may
not say the words as such
I know I don't fit in that
much But I'm yours

Lirik Breakeven : The Script

Lirik Breakeven : The
Script


I'm still alive but I'm
barely breathing Just
praying to a God that I
don't believe in 'Cause I
got time while she got
freedom 'Cause when a heart breaks no it don't
break even Her best days
will be some of my worst
She finally met a man
that's gonna put her first
While I'm wide awake she's no trouble sleeping
'Cause when a heart
breaks no
it don't breakeven...
even... no What am I
supposed to do when the best part of me was
always you, And what
am I supposed to say
when I'm all choked up
and you're ok I'm falling
to pieces, yeah, I'm falling to pieces They say bad
things happen for a
reason But no wise words
gonna stop the bleeding
'Cause she's moved on
while I'm still grieving And when a heart breaks
no it don't breakeven
even... no What am I
gonna to do when the
best part of me was
always you, And what am I supposed to say
when I'm all choked up
and you're ok I'm falling
to pieces, yeah,
I'm falling to pieces, yeah,
I'm falling to pieces One still in love while the
other one's leaving I'm
falling to pieces ('Cause
when a heart breaks no it
don't breakeven) Oh you
got his heart and my heart and none of the pain
You took your suitcase, I
took the blame. Now I'm
try'na make sense of
what little remains ooh
'Cause you left me with no love and no love to
my name. I'm still alive
but I'm barely breathing
Just prayed to a God that
I don't believe in 'Cause I
got time while she got freedom 'Cause when a
heart breaks no it don't
break No it don't break
No it don't break even no
What am I gonna do
when the best part of me was always you and
What am I supposed to
say when I'm all choked
up and you're ok (Oh glad
your okay now) I'm
falling to pieces yeah (Oh I'm glad your okay) I'm
falling to pieces yeah (One
still in love while the
other ones leaving) I'm
falling to pieces ('Cause
when a heart breaks no it don't breakeven) Oh it
don't break even no
Oh it don't break even no
Oh it don't break even no

LIRIK DANIEL BEDINGFIELD - IF YOU'RE NOT THE ONE

LIRIK DANIEL
BEDINGFIELD - IF
YOU'RE NOT THE ONE


If youre not the one then
why does my soul feel
glad
today?
If youre not the one then
why does my hand fit yours
this way? If you are not
mine then
why does your heart
return
my call If you are not mine
would I
have the strength to
stand at
all I never know what
the future brings
But I know you are here
with me now
Well make it through
And I hope you are the
one I share my life with I dont want to run away
but
I cant take it, I dont
understand
If Im not made for you
then why does my heart tell
me that I am?
Is there any way that I
can
stay in your arms?
If I dont need you then why
am I crying on my bed?
If I dont need you then
why does your name
resound in
my head? If youre not for me then
why does this distance
maim
my life?
If youre not for me then
why do I dream of you as my wife?
I dont know why youre
so
far away
But I know that this
much is true Well make it through
And I hope you are the
one I
share my life with
And I wish that you
could be the one I die with
And I pray in youre the
one I build my home with
I hope I love you all my
life
I dont want to run away but
I cant take it, I dont
understand
If Im not made for you
then why does my heart
tell me that I am
Is there any way that I
can
stay in your arms?
cause I miss you, body
and soul so strong that it
takes my breath away
And I breathe you into
my
heart and pray for the
strength to stand today cause I love you, whether
its
wrong or right And
though I cant be with
you tonight
And know my heart is by your side
I dont want to run away
but
I cant take it, I dont
understand
If Im not made for you then
why does my heart tell
me
that I am
Is there any way that i
could stay in your arms

LIRIK RADIOHEAD - KARMA POLICE

LIRIK RADIOHEAD -
KARMA POLICE

Karma police, arrest this
man
He talks in maths
He buzzes like a fridge
He's like a detuned radio
Karma police, arrest this girl
Her Hitler hairdo is Making
me feel ill
And we have crashed her
party
This is what you get This is what you get
This is what you get
when you mess with us
Karma Police
I've given all I can
It's not enough I've given all I can
But we're still on the
payroll This is what you
get
This is what you get
This is what you get when
you mess with us
And for a minute there, I
lost
myself, I lost myself And
for a minute there, I lost myself, I lost myself
For for a minute there, I
lost
myself, I lost myself
For for a minute there, I
lost myself, I lost myself
Phew, for a minute there,
I
lost myself, I lost myself
In the early version, the
first verse went:
Karma police arrest this
girl
She stares at me As if she
owns the world and
We have crashed her party

Lirik Radiohead - Fake Plastic Trees

Lirik Radiohead - Fake
Plastic Trees

Her green plastic watering
can
For her fake Chinese
rubber
plant
In the fake plastic earth That she bought from a
rubber man In a town full
of rubber plans
To get rid of itself It
wears her out, it wears
her out
It wears her out, it wears
her
out She lives with a
broken man
A cracked polystyrene man
Who just crumbles and
burns
He used to do surgery
For girls in the eighties
But gravity always wins It wears her out, it wears
her
out
It wears her out, it wears
her
out She looks like the real thing
She tastes like the real
thing
My fake plastic love
But I can't help the feeling
I could blow through the ceiling If I just turn and
run It wears her out, it
wears her
out
It wears her out, it wears
her out If I could be who you
wanted
If I could be who you
wanted
all the time

The Script-The Man Who Can't Be Moved

Enonk 2 10/02/2011
The Script-The Man Who
Can't Be Moved :

Going Back to the corner
where I first saw you
Gonna camp in my
sleeping
bag
I'm not gonna move Got some words on
cardboard,
got your picture in my
hand
saying, "if you see this girl
can you tell her where I am"
Some try to hand me
money,
they don't understand
I'm not broke, I'm just
a broken hearted man I know it makes no sense
but what else can I do?
How can I move on
when I'm still in love
with you?
Cause if one day you wake up
and find that you're
missing
me
and your heart starts to
wonder where on this earth I could be
Thinkin maybe you'll
come
back here to the place
that
we'd meet And you'll see me waiting
for
you on the corner of the
street
So I'm not moving, I'm
not moving
Policeman says "son you
can't
stay here"
I said, "there's someone
I'm waiting for If it's a day, a month, a
year"
Gotta stand my ground
even
if
it rains or snows If she changes her mind
this is the first place she
will
go
Cause if one day you
wake up and find that you're
missing
me
and your heart starts to
wonder where on this
earth I could be
Thinkin maybe you'll
come
back here to the place
that
we'd meet And you'll see me waiting
for you on the corner of
the
street
So I'm not moving, I'm
not moving
I'm not moving, I'm not
moving People talk about
the guy
that's waiting on a girl
ohhh.. There are no holes in his
shoes
but a big hole in his world
ohhh.. Maybe i'll get
famous
as the man who can't be moved
Maybe you wont mean to
but you'll see me on the
news
And you'll come running
to the corner cuase you'll know it's just
for
you
I'm the man who can't be
moved
I'm the man who can't be moved
Cause if one day you
wake up
and find that you're
missing
me and your heart starts to
wonder where on this
earth I could be
Thinkin maybe you'll
come
back here to the place that
we'd meet
And you'll see me waiting
for
you on the corner of the
street So I'm not moving, I'm
not
moving
I'm not moving, I'm not
moving (x2)
Going Back to the corner where I first saw you
Gonna camp in my
sleeping
bag I'm not gonna move

Lirik Secret – One Republic

Lirik Secret – One Republic


I need another story
Something to get off my
chest
My life gets kinda boring
Need something that I can confess Til’ all my sleeves
are stained
red
From all the truth that
I’ve
said Come by it honestly I
swear
Thought you saw me
wink, no
I’ve been on the brink, so
Tell me what you want to hear
Something that were like
those years Sick of all the
insincere
So I’m gonna give all my
secrets away This time, don’t need
another
perfect line
Don’t care if critics never
jump in line
I’m gonna give all my secrets
away My god, amazing
how we got
this far
It’s like we’re chasing all
those stars
Who’s driving shiny big
black
cars And everyday I see
the news
All the problems that we could solve
And when a situation
rises
Just write it into an
album
Singing straight, too cold I don’t really like my flow,
no, so Tell me what you
want to
hear
Something that were like
those years Sick of all the insincere
So I’m gonna give all my
secrets away
This time, don’t need
another
perfect line Don’t care if critics never
jump
in line
I’m gonna give all my
secrets away Oh, got no
reason, got not shame
Got no family I can blame
Just don’t let me
disappear
I’mma tell you
everything So tell me what you want to
hear
Something that were like
those years
Sick of all the insincere
So I’m gonna give all my secrets away
This time, don’t need
another
perfect line
Don’t care if critics never
jump in line
I’m gonna give all my
secrets away So tell me
what you want to
hear
Something that were like those years
Sick of all the insincere
So I’m gonna give all my
secrets away
This time, don’t need
another perfect line
Don’t care if critics never
jump
in line
I’m gonna give all my
secrets away All my secrets away, All
my
secrets away

Puisi "Kerendahan hati"

Enonk 2 8/16/2011
Tadi waktu liat tv, gak sengaja liat ibu(gak tau namanya.:D) baca puisi diiringi akustik. Sumpah, ni puisi bagus banget.
Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi tidak ada salahnya aku posting disini.

Kerendahan Hati-Taufik Ismail

Kalau engkau tak mampu
menjadi beringin yang tegak
di puncak bukit
jadilah belukar, tetapi belukar
yang baik, yang tumbuh di
tepi danau kalau kamu tak sanggup
menjadi belukar, jadilah saja
rumput,
tetapi rumput yang
memperkuat tanggul
pinggiran jalan Kalau engkau tak mampu
menjadi jalan raya, jadilah saja
jalan kecil
Tetapi jalan setapak yang
membawa orang ke mata air Tidaklah semua menjadi
kapten, tentu harus ada awak
kapalnya..
Bukan besar kecilnya tugas
yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu jadilah saja dirimu..
Sebaik-baiknya dari dirimu
sendiri

Daftar Isi


Iblis Menurut Fazlurahman

BIOGRAFI FAZLURRAHMAN
Fazlurrahman lahir pada tanggal 21 September 1919 didaerah Hazara(anak benua India) yang sekarang terletak disebelah barat laut Pakistan. Pertama-tama ia didik dalam sebuah keluarga muslim yang taat beragama. Seperti pengakuan Fazlurrahman sendiri, keluarganya mengamalkan ibadah sehari-hari seperti shalat wajib, shalat sunnah, puasa sunnah, mengaji Alquran, mengeluarkan Zakat, infaq,Sahdaqah, dan lain-lain.

Pria Tampan

Berhubung baru bisa ol lagi, langsung aja ku mau share lagu yang aku banget dah. Pokoknya jangan banyak protes. Tinggal download dan dengarkan dan rasakan, behh, baru tau gimana aku aslinya. Nih linknya Pria tampan

Blog tambahan

Enonk 1 5/08/2011
Sekedar info ya, setelah sekian lama ku ikut organisasi, akhirnya ku
jadi pengurus juga.uuuyyeeee....
Cuma kadiv, tapi tetap aja berat. Proker ku pun cuma ada tiga, dan cuma 2 yang baru dijalankan.heuheu..

Salah satunya ya mengelola blog organisasi kami yang dihttp://taekwondoiain.multiply.com/
ini.

Nah, berhubung kami sudah dekat penerimaan anggota baru, dipersilahkan kepada teman2 sekalian yang mau ikut, agar bisa daftar ke fb aku atau ke twitter aku. linknya ada di atas.*promosi*. Eh, tolong tinggalkan pesan tentang tema aku sekarang. tinggalkan aja kritik atau saran. Tinggal kripik juga boleh. ok..

NB: tentang penerimaan anggota baru tadi, aku serius. Dan hanya berlaku bagi yang tinggal didaerah Banjarmasin dan sekitarnya.

Transisi tema

Ok. maaf jika tampilan sekarang sedikit agaksangat tidak rapi
karena eh karena, lagi proses pergantian tema. Jangan salahkan aku, tapi salahkan orang2 yang protes dengan tema ku yang dulu.heuheu. sekian dan wassalam.

ISLAM SEBAGAI OBJEK KAJIAN BIDANG FIQIH DAN USHUL FIQIH

ISLAM SEBAGAI OBJEK KAJIAN BIDANG
FIQIH DAN USHUL FIQIH

A. Pengertian Fiqih.
Menurut bahasa “Fiqih” berasal dari kata “faqiha-yafqahu-fiqhan” yang mempunyai arti mengerti atau paham. Dari sinilah ditarik perkataan fiqh, yang memberikan p;engertian memahami dan mendalami ajaran-ajaran agama islam secara keseluruhan.
Sedangkan menurut istilah, para ulama berbeda-beda dalam mendifinisikan fiqih. Menurut Al-ghazali dari mazhab Syafi’I fiqih adalah suatu ilmu tentang hukum-hukum syara yang tertentu bagi perbuatan para mukallaf, seperti wajib, haram, mubah, sunnah, makruh, sah, fasid, batal, dan yang sejenisnya.

TINGKATAN-TINGKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI

TINGKATAN-TINGKATAN PENGEMBANGAN
KURIKULUM PAI

Pada umumnya banyak yang berpendapat bahwa pengembangan kurikulum PAI itu terdiri dari tiga tingkatan, yaitu pengembangan kurikulum tingkat lembaga, pengembangan kurikulum tingkat bidang studi, dan pengembangan kurikulum tingkat program pengajaran dikelas. Akan tetapi selain itu ada juga yang berpendapat bahwa pengembangan kurikulum itu ada empat tingkatan, di sini selain tingkatan-tingkatan yang sudah dijelaskan di atas ada bertambah satu tingkatan lagi, yaitu pengembangan kurikulum tingkat nasional.

MEDIA DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Enonk 1 4/19/2011
Media Grafis ( Lanjutan )
A. Kartun
Kartun ide utamanya adalah menggugah rasa lucu dan kesan utamanya adalah senyum dan ketawa. Kesan kritis dan humor yang diberikan kartun menyebabkan informasi yang disampaikan tahan lama dalam ingatan anak .
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat.
1. Karakteristik Kartun
Kartun yang baik hanya mengandung satu gagasan saja. Ciri khas kartun memakai karikatur, sindiran yang dilebih-lebihkan, perlambang dan humor pilihan. Kekuatan kartun untuk dapat mempengaruhi pendapat umum, terletak pada kekompakkannya, penyederhanaan isunya, dan perhatian yang sungguh-sungguh yang dapat dibangkitkan secara tajam melalui gambar-gambar yang mengandung humor.

SERTIJAB Taekwondo IAIN ANTASARI

Berhubung kemaren baru saja serah terima jabatan di Dojang kami, jadi saya akan posting gimana pelaksanaannya yang sangat sederhana. silahkan di lihat-lihat. siapa tau ada yang minat.heuheu

MABICA KSR

Lama gak posting nih. Maklum, lagi sibuk kegiatan-kegiatan kampus. Aktivis sih bukan, tapi yah, gak bisa diam aja.hoho. Oya, asal tahu aja ya, satu bulan yang lalu aku udah masuk KSR. Tau kan? bisa dibilang anak PMI gitu. Nah, posting kali ini aku cuma pengen share foto2 gimana MABICA(masa bimbingan calon) kemaren. cekidott..
gila part 1:
gila part 2:
 gila part 3:
gila part 4:
 gila part 5:
 gila part 6:
 gila part 7:
 gila part 8:
 gila part 9:
 waras part 1:
 waras part 2:
Spesial banget thanks to panitia MABICA kemaren. Khususnya pembimbing kami Acah yang udah mau bimbing kelompok ASMA. Salam Kemanusiaan..!!!!!

ADMINISTRASI KURIKULUM

ADMINISTRASI KURIKULUM

1. Pengertian Administrasi Kurikulum
Dalam kegiatan proses pembelajaran, kurikulum sangat dibutuhkan. Kurikulum sebagai pedoman untuk menyusun target dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam memahami hakikat kurikulum sering kali terjadi perbedaan persepsi dan pemahaman.
Untuk itu berikut ini dikemukakan beberapa pengertian kerikulum tersebut:
a. Kurikulum dipandang sebagai suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun.
b. Kurikulum dilukiskan sebagai bahan tertulis untuk digunakan para guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
c. Yang dimaksud dengan kurikulum adalah suatu usaha untuk menyampaikan asas-asas dan ciri-ciri yang penting dari suatu rencana dalam bentuk yang sedemikian rupa sehingga dapat dilaksanakan guru di sekolah.
d. Kurikulum diartikan sebagai tujuan pengajaran, pengalaman-pengalaman belajar dan cara-cara penilaian yang direncanakan dan digunakan dalam pendidikan.
e. Kurikulum di pandang sebagai program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan tertentu.
Kelima pengertian yang dikemukakan di atas, pengertian kurikulum yang terakhir (kelima) menjadi pandangan atau wawasan dalam karya tulis ini mengingat lebih sederhana dan menggambarkan suatu pengertian di mana kurikulum diartikan sebagai suatu program pendidikan serta dinyatakan dalam bentuk yang lebih umum sifatnya.
Jika kita himpunkan pengertian kurikulum ini dengan pengertian atau istilah administrasi dalam bahasa Indonesia yang berasal dari kata Latin “Administrate” yang berarti membantu atau melayani yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ‘Administration”, dapat kita simpulkan bahwa pengertian administrasi kurikulum adalah pelayanan program pendidikan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan dalam pendidikan.

SADD AL-DZARI’AH

SADD AL-DZARI’AH
A. Pengertian Sadd al-Dzari’ah
Dzari’ah menurut bahasa identik dengan Washilah (perantara) dan dengan demikian Sadd al-Dzari’ah dapat diterjemahkan dengan “menghambat atau menyumbat sesuai yang menjadi perantara”.
Sadd al-Dzari’ah yang dimaksud oleh para ahli Ushul Fiqh adalah:
ﺤﺴﻢ ﻤﺎﺪﺓ ﻮﺴﺎ ﺌﻞ ﺍﻠﻔﺴﺎﺪ ﺪﻓﻌﺎﻟﻪ ﺍﻮ ﺴﺪ ﺍﻠﻄﺭﻴﻖ ﺍﻟﺘﻰ ﺘﻮﺼﻞ ﺍﻟﻤﺭﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻠﻔﺳﺎﺪ
(Mencegah sesuatu yang menjadi perantara pada kerusakan, baik untuk menolak kerusakan itu sendiri atau pun untuk menyumbat jalan/sarana yang dapat menyampaikan seseorang kepada kerusakan).
Tujuan penetapan hukum atas dasar Sadd al-Dzari’ah ini ialah untuk menuju kemaslahatan. Karena tujuan umum ditetapkannya hukum pada mukallaf adalah untuk kemaslahatan mereka dan menjauhkan kerusakan. Untuk sampai pada tujuan itu adakalanya syara’ memerintahkan sesuatu dan adakalanya melarang sesuatu.
Dalam larangan ada sesuatu perbuatan yang dilarang langsung karena perbuatan itu mendatangkan kerusakan. Seperti melarang meminum khamar dan adakalanya dilarang sekalipun perbuatan itu sendiri tidak langsung mendatangkan kerusakan, tetapi perbuatan itu menjadi jembatan terhadap perbuatan yang secara langsung menimbulkan kerusakan seperti menyimpan khamar. Larangan terhadap sarana yang mendatangkan pada perbuatan yang dilarang itulah penetapan hukum beerdasarkan pada “Sadd al-Dzari’ah”.

Ulama-ulama Ahli Aj-Jarh Wat Ta’dil

A.Ulama-ulama Ahli Aj-Jarh Wat Ta’dil
Menurut keterangan Ibnu ‘Ady (365 H) dalam muqaddimah kitabnya Al-kamil, para ahli telah memperkatan keadaan-keadaan para perawi sejak dari zaman sahabat.
Diantara para sahabat yang memperkatakan keadaan perawi-perawi hadits ialah, Ibnu Abbas (68 H)’Ubadah Ibnu Shamit (34 H) dan Anas Ibnu Malik (94 H).
Diantara Tabi’in, Asy-Sya’by (103 H). Ibnu Sirin (110 H). Sa’id Ibnu Al-Musaiyab (94 H).
Dalam masa mereka itu, masih sedikit orang dicatati. Mulai abad yang kedua barulah banyak orang-orang yang lemah. Kelemahan itu ada kalanya mengirsalkan hadits, ada kala karena memanfaatkan hadits yang sebenarnya mauquf, dan ada kalanya karena beberapa kesalahan yang tidak disengaja, seamsal Abu Harun Al-Abdary (143 H).
Sesudah berakhir masa tabi’in, yaitu kira-kira pada tahun 150 hijriah, bergeraklah para ahli memperkatakan keadaan-keadaan perawi (menta’dil dan mentajrihkan mereka).
Maka diantara ulama basar ang memberikan perhatian kepada urusan ini ialah, Yahya Ibnu Sa’id Al-Qaththan (211 H).
Sesudah itu, barulah para ahli menyusun kitab-kitab jarh dan ta’dil. Didalamnya diterangkan keadaan para perawi yang boleh diterima riwayatnya dan yang ditolak.
Daiantara pemuka-pemuka jarh dan ta’dil, ialah; Yahya Ibnu Ma’in (233 H). dan masuk kedalam perkataannya, Ahmad Ibnu Hambal (241 H). Muhammad Ibnu Sa’ad (230 H). Ali Ibnul Madiny (234 H). Abu Bakar Ibnu Abi Syaibah (235 H). Ishaq Ibnu Rahawaih (237 H).
Sesudah itu, Ad-darimy (255 H). Al-Bukhary (256 H), Al-Ajan (261 H), Muslim (261 H), Abu Zur’ah (264 H), Abu Hatim Ar-Razy (281 H), Abu Daud (275 H), Baqi Ibnu Makhlad (276 H), Abu Zur’ah ad-Dimasyay (281 H).
Dan terus-meneruslah pada tiap-tiap masa terdapat ulama-ulama yang memperhatikan keadaan perawi sehingga sampai kepada Ibnu Hajar Al-Asqalany (852 H)
B. Kitab-Kitab Al-Jarh Wat-Ta’dil Yang Diperlukan Dalam Penelitian Hadits.
Para penulis kitab jarh wat-ta’dil berbeda-beda dalam menyusun buku-bukunya. Sebagian ada yang kecil, hanya terdiri satu jilid dan hanya mencakup beberapa ratus orang rawi. Sebagian yang lain menyusnnya menjadi beberapa jilid besar-besar yang mencakup antara sepuluh sampai dau puluh ribu rijalus-sanad.

Evaluasi Pendidikan Subjek Dan Objeknya


A. Pengertian Evaluasi Pendidikan
Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols dan hasan Shadily, 1983 : 220). Sedangkan menurut pengertian istilah evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu objek dengan menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesempatan.
Anne Anastasia mengartikan evaluasi sebagai “A systematic process of determining the extent to which instructional objectives are achieved by pupils” (Anne Anastasia, 1978 : 6). Evaluasi bukan sekedar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insedental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai secara terencana., sistematik dan terarah berdasarkan atas tujuan yang jelas.
Adapun dari segi istilah, sebagaimana dikemukakan oleh Edwind Wandt dan Gerald W. Brown (1997) : Evaluation refer to the act of process to the determining the value of something. Menurut definisi ini, maka istilah evaluasi itu menunjuk kepada atau mengandung pengertian : suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dan sesuatu.
Apabila definisi evaluasi yang dikemukakan oleh Edwind Wandt dan Gerald W. Brown itu untuk mengemukakan definisi tentang evaluasi pendidikan. Maka evaluasi pendidikan itu dapat diberi pengertian sebagai : suatu tindakan atau kegiatan - (yang dilaksanakan dengan maksud untuk) - atau suatu proses - (yang berlangsung dalam rangka) - menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan (yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan atau yang terjadi di lapangan pendidikan). Atau singkatnya : evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan, sehinga dapat diketahui mutu atau hasil-hasilnya.

Biografi singkat Mustafa Kemal Ataturk

MUSTAFA KEMAL ATATURK
(TOKOH PENDIRI REPUBLIK TURKI)

A. PENDAHULUAN
Kehancuran Imperium Turki Usmani pada tahun 1918 setelah kekalahan perang yang dideritanya bersama, Jerman dan Austria adalah akhir dari sejarah masyarakat Islam imperial. Klimaks dari perjalanan sejarah imperium Islam ini kemudian menjadi awal bagi perkembangan baru masyarakat Islam abad ke-19 di Turki. Tumbuhnya semangat nasionalisme dan kebangsaan masyarakat Turki Berta upaya mereka untuk bangkit dari keterpurukan situasi negara yang telah hancur akhirnya menjadi tonggak berdirinya negara Republik Turki.
Tahun 1920 sebuah gerakan revolusi yang dikomando oleh Mustafa Kemal Pasha melahirkan perjuangan kemerdekaan bangsa Turki yang diawali dengan pembentukan Majelis Nasional Agung (Grand National Assembly). Melalui berbagai gerakan perjuangan pembebasan Turki dari penjajahan asing serta pesan strategisnya di atas panggung politik, pada tahun 1923 ia akhimya dapat mengukuhkan diri sebagai Presiden Republik Turki.
Mustafa Kemal Pasha, yang kemudian bergelar Ataturk (Bapak Bangsa Turki), adalah tokoh pendiri negara sekuler Republik Turki. Di bawah rezim pemerintahannya Republik Turki pernah dicap sebagai negara sekuler anti Islam. Bahkan, dengan sikap diktatorial rezim pemerintahannya, ia berhasil mengomando pengikutnya di dalam parlemen pemerintahan Turki untuk menghapus lembaga kesultanan dan kekhalifahan Islam. Selain tindakan radikal yang ia lakukan tadi, dengan serentetan program pembaruan (sekularisasi) Turki yang ia lakukan sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1938, Mustafa Kemal juga dianggap telah mencerabut akar dogmatisme Islam dari masyarakat Turki, dan menjauhkan nilai-nilai Islam yang telah menjadi tradisi dalam kehidupan masyarakat Turki tersebut dengan dalih modernitas dan pembaruan.

Makalah ini mencoba mengurai secara lugas sosok tokoh bernama Mustafa Kemal Ataturk, baik dari segi pemikirannya dalam pembaruan Turki setelah keruntuhan Imperium Turki Usmani, maupun mengenai gerakan politiknya yang akhirnya menghantarkannya menjadi Presiden Republik Turki sepanjang hidup. Kemudian, penulis juga akan mengurai sedikit mengenai kelangsungan pemikiran Mustafa Kemal Ataturk hingga, saat ini yang menjadi ideologi bagi pengikuttiya.

Pengertian Pendidikan Dan Filsafat Pendidikan

A.PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Pendidikan dalam arti umum mencakup segala usaha dan perbuatan dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuannya, kecakapannya serta keterampilannya kepada generasi muda untuk memungkinkannya melakukan fungsi hidupnya dalam pergaulan bersama, dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan filsafat menurut arti yang sebenarnya adalah cinta kebijaksanaan. Definisi ini berasal dari zaman Yunani kuno dan merupakan rangkaian dari dua pengertian, ialah: Philein yang berarti cinta dan Sophia yang berarti kebijaksanaan.

Corak pendidikan itu erat hubungannya dengan corak penghidupan, karena jika corak penghidupan itu berubah, berubah pulalah corak pendidikannya, agar si anak siap untuk memasuki lapangan penghidupan itu.

Pendidikan itu adalah suatu disiplin dari berbagai macam bagian komponen. Bagian-bagian initelah menjadi demikian bermacam ragam dan berspesialisasi, akan tetapi betapapun juga, tidak selalu mengambil tempat yang sama besarnya didalam segala arah dan segi pada waktu yang sama.

Metode pengajaran atau susunan kusikulum umpamanya, telah mengalami perbaikan jauh lebih banyak didalam beberapaperiode sejarah pendidikan daripada lain-lainnya. Barabgkali sekarang ini, sebagaimana tidak pada masa-masa sebelumnya, para siswa begitu tertarik dengan permasalahan-permasalahan yang secara terus-menerus(kakal) bersangkutan dengan filsafat.

Tentu perlu diragukan lagi, bahwa berbagi macam factor telah menimbulkan hasil penelitian yang demikian itu. Pendidikan memang suatu usaha yang sulit dan rumit, dan memakan waktu yang cukup banya dan lama, terutama sekali dimasa modern dewasa ini. Pendidikan menghendaki berbagai macam teori dan pemikiran dari para ahli pendidik dan filsafat, guna melancarkan jalan dan memudahkan cara-cara bagi para guru dan pendidik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan pengajaran kepada para siswa dan anak didik.

Kalau teori pendidikan itu hanyalah semata-mata teknologi, dia harus meneliti asumsi-asumsi utama tentang sifat manusia dan masyarakat yang menjadi landasan praktek pendidikan. Teori pendidikan yang melaksanakan studi seperti itu sampai batas tersebut bersifat dan mengandung unsure filsafat.

Apabila kita menanyakan kurikulum apa yang dipergunakan atau yang akan dibuat guna mempersiapkan kesdaran masyarakat dan penyesuaian bagi si anak, berarti kita telah membuka suatudiskusi tentang teknologi pendidikan. Akan tetapi seandainya kita bertanya: Apakah mesti suatu kurikulum mempersiapkan kesadaran masyarakat dan penyesuaian diri bagi seorang siswa? Apakah itu tujuan baik? Selanjutnya apabila hal tersebut adalah tujuan baik, apakah semuanya akan menjadi sasaran kurikulum, atau apakah akan menjadi yang lain? Pertanyaan-pertanyaan ini akan segera mengajak kita buat memikirkan pendidikan secara fisiologis. Cepat sekali kita akan dibawa buat bertanya tentang alam manusia, susunak masyarakat, dunia physic, cara untuk tahu, hubungan antara pengetahuan dan tindakan, dan seterusnya.

Memamng ada resiko yang mungkin akan timbul dari setiap dua tendensi itu: teknologi-mungkin terjerumus, tanpa dipikirkan buat memperoleh beberapa hasil konkrit yang telah dipertimbangkan sebelumnya didalam didtem pendidikan, hanya untuk membuktikan bahwa mereka dapat menyempurnakan suatu hasil yang sukses, yang pada hakikatnya belum dipertimbangkan dengan hati-hati sebelumnya. Sedangkan para ahli filsafat pendidikan, sebaiknya, mungkin tersesat dalam abstraksi tinggi yang penuh dengan hal-hal umum yang nampaknya hebat dan penuh dengan debat yang tiada berkeputusan, akan tetapi tanpa adanya gagasan jelas buat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang ideal.

Tidak ada satupun dari permasalahan kita yang mendesak dapat dipecahkan dengan cepat, atau dengan mengulang-ulang dengan gigih.kata-kata yang hampa. Tidak dapat dihindari, bahwa orang-orang yang memperdebatkan masalah ini, apabila mereka terus berfikir, yang lebih baik daripada mengadakan reaksi, mereka tentu akanyadari bahwa mereka itu telah membicarakan masalah yang sangat mendasar.

Kita tidak perlu mengambil contoh yang dramatis. Coba sajalah kita tanyakan kepada diri kita sendiri tentang nilai, arti dan tempat dari metode baru buat mempelajari matematika, yang berlawnan dengan cara lama, niscaya kita akan segera menyadari bahwa kita harus berbicara tentang hubungan antara manusia dengan alam, dan bahwa anda tidak dapat meninggalkan teori ilmu pengetahuan. Karena merasa ditantang oleh problema-problema pokok dalam pendidikan, maka hal itu bukanlah merupakan kesulitan yang harus dipikul oleh seorang guru professional.

Seandainya anda seorang guru profesional . seandainya anda seorang warga negara yang jujur, apakah anda dapat membuat suatu pernyataan tentang suatu kebutuhan kepada suatu disiplin itu diatas dunia ini, termasuk lembaga kemasyarakatan apakah sekolah itu, atau mengapa anda tertarik dengan masalah tersebut? Tentulah pernyataan diatas ini dapat anda jawab, akan tetapi apakah yang anda katakan itu nanti akan memperlihatkan semacam kematangan yang anda harapkan agar sekolah-sekolah kita berkembang kearah itu, dalam lingkungan generasi baru? Apakah anda pikirkan pula secara keseluruhan asumsi bagaimanakah yang telah anda buat tentang keadaan manusia-manusia muda, tentang sifat dari dunia dimana mereka itu hidup, tentang benda apa yang penting untuk diwariskan kepada mereka itu hidup, tentang benda apa yang penting untuk diwariskan kepada mereka, dan lain sebagainya.

Dalam beberapa hal, filsafat pendidikan itu dapat disingkat dalam bentuk formula. Dan formula itu kemudian dijadikan semacam semboyan atau slogan. Tapi kaang semboyan-semboyan itu sering pula disalah tafsirkan. Biasanya hali itu terjadi kalau kesalahan terjadi dalam bidang pendidikan, yang terlihat pada hasil dari pendidikan itu, yang didasarkan pada semboyan tersebut.

EVENT ORGANIZING



EVENT ORGANIZING


Kita sering mendengar yang namanya “EO” atau Event Organizing. Nah, dari pertemuan bulanan yang diselenggarakan oleh panitia Beastudy Effort Arutmin tadi siang, kami di beri pelajarang tentang EO yang baik dan terencana.


Dari kuliah umum yang disampaikan oleh bapak Deni Setiawan, saya akan mencoba menyimpulkan materi beliau tersebut.


Yang terpenting dalam pelaksanaan sebuah event diantaranya: Pertama moment. Contoh moment yang sangat simple adalah acara tahunan seperti 17 Agustus-an. Kedua ide. Inilah bahan dasar yang sangat mahal dalam sebuah awal perencanaan. Karena inilah nantinya yang akan dikembangkan dan dilaksanakan Ketiga konsep yang matang dan aman. Aman disini yaitu disaat kita melaksanakan event tersebut, kita tidak menggangu dan membuat orang merasa terganggu.


Setelah yang tiga macam diatas dapat tercapai, maka akan dilanjutkan dengan perencanaan. Yang termasuk dalam perencanaan adalah nama event yang akan diselenggarakan, struktur panitia pelaksana, menentukan pelaksanaan event, budget, pembagian job, persiapan event, rapat, promosi, persiapan dilapangan.


Nah, apabila macam-macam yang diatas sudah terlaksana, maka kita akan berbicara tentang suksesnya sebuah event. Kesuksesan sebuah event, dapat dilihat dengan banyaknya audience, terutama untuk acara out door. Yang kedua adalah booming atau menjadi buah bibir. Yang ketiga yaitu menghasilkan sebuah inspirasi bagi public. Inilah pencapaian terakhir dan terpenting didalam pelaksanaan sebuah event. Dan yang terakhir yaitu LPJ atau lembar pertanggung jawaban.


PERBEDAAN ANTARA 'AGNOSTISISME' DAN 'ATEISME'

Enonk 1 2/08/2011
Agnostisisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahui secara definitif pengetahuan tentang "Yang-Mutlak"; atau , dapat dikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namun secara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi. Dalam kedua hal ini maka agnostikisme mengandung unsur skeptisisme. Agnostisisme berasal dari perkataan Yunani gnostein (tahu) dan a (tidak). Arti harfiahnya "seseorang yang tidak mengetahui". Agnostisisme tidak sinonim dengan ateisme.

Nah,kalau ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan. Istilah ateisme berasal dari Bahasa Yunani ἄθεος (atheos), yang secara peyoratif digunakan untuk merujuk pada siapapun yang kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah mapan di lingkungannya. Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan. Orang yang pertama kali mengaku sebagai "ateis" muncul pada abad ke-18. Pada zaman sekarang, sekitar 2,3% populasi dunia mengaku sebagai ateis, manakala 11,9% mengaku sebagai nonteis. Sekitar 65% orang Jepang mengaku sebagai ateis, agnostik, ataupun orang yang tak beragama; dan sekitar 48%-nya di Rusia. Persentase komunitas tersebut di Uni Eropa berkisar antara 6% (Italia) sampai dengan 85% (Swedia). Banyak ateis bersikap skeptis kepada keberadaan fenomena paranormal karena kurangnya bukti empiris. Yang lain memberikan argumen dengan dasar filosofis, sosial, atau sejarah. Pada kebudayaan Barat, ateis seringkali diasumsikan sebagai tak beragama (ireligius). Beberapa aliran Agama Buddha tidak pernah menyebutkan istilah 'Tuhan' dalam berbagai upacara ritual, namun dalam Agama Buddha konsep ketuhanan yang dimaksud mempergunakan istilah Nibbana. Karenanya agama ini sering disebut agama ateistik. Walaupun banyak dari yang mendefinisikan dirinya sebagai ateis cenderung kepada filosofi sekuler seperti humanisme, rasionalisme, dan naturalisme, tidak ada ideologi atau perilaku spesifik yang dijunjung oleh semua ateis.




Sumber:Wikipedia

About One Piece

Kalo maniak komik, pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya One Piece. Yah, komik karangan om Eiichiro Oda ini emang gak ada matinya. Tiap minggu pasti ditunggu tu komik di internet. Buktinya, kalau udah ada pemberitahuan keluar, misalkan lewat akun resmi @MangaStream di twitter, pasti jadi TT(trending topic) di dunia (waow). Yah, memang gak bisa dipungkiri kalau tu komik inspiratif banget. Kesetian kawan, loyal kepada kapten(apalagi si zoro), gak bisa ditandingi ama komik yang pernah aku baca. Selain itu, rata-rata nama orang, tempat, bahkan jurus, selalu ada hubungannya ama sejarah. Katanya, dulu om Oda waktu ngarang one piece baru sampai buku yang ke4, dia udah jadi mangaka dengan penghasilan terbanyak. Bahkan aku pernah baca buku sejarah one piece(buku punya ari), dinegara asalnya, dibangun kapal yang sangat mirip dengan kapalnya yang bernama Going Merry (sekarang Thousand Sunny). Dengan fakta tersebut, terbukti bahwa jepang sangat menghargai dengan yang namanya seni. Yah, gak jauh beda sama Indonesia(upss)




nb:
Tulisan ini saya buat untuk adek saya yang bermimpi jadi mangaka. Gud lak brada

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

Enonk 2 2/02/2011

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK


Roman yang dikarang oleh Prof. Dr. Hamka ini diterbitkan tahun 1939. Roman ini mengisahkan persoalan adat yang berlaku di Minangkabau dan persoalan kekayaan yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih.
Sejak berumur 9 bulan, Zainuddin telah ditinggalkan Daeng Habibah ibunya, menyusul kemudian ayahnya yang bernama Pendekar Sutan. Zainuddin tinggal bersama bujangnya, Mak Base, Kira-kira 30 tahun yang lalu, ayahnya punya perkara dengan Datuk Mantari Labih mamaknya, soal warisan. Dalam suatu pertengkaran Datuk Mantari terbunuh. Pendekar Sutan kemudian dibuang ke Cilacap selama 15 tahun. Setelah selesai masa hukumannya, ia dikirim ke Bugis untuk menumpas pemberontakan yang melawan Belanda. Di sanalah Pendekar Sutan bertemu dengan Daeng Habibah. Untuk mencari keluarga ayahnya, Zainuddin pergi ke desa Batipuh di Padang. Di Padang ia tinggal di rumah saudara ayahnya, Made Jamilah. Sebagai seorang pemuda yang datang dari Makasar, ia merasa asing di Padang. Apalagi tanggapan saudara-saudaranya demikian. Demikian pula ketika ia dapat berkenalan dengan Hajati karena meminjamkan payungnya pada gadis itu. Hubungan antara Zainuddin dan Hajati makin hari tersiar ke seluruh dusun dan Zainuddin tetap dianggap orang asing bagi keluarga Hajati maupun orang-orang di Batipuh.
Untuk menjaga nama baik kedua orang muda dan keluarga mereka masing-masing, Zainuddin disuruh meninggalkan Batipuh oleh mamak Hajati. Dengan berat hati Zainuddin meninggalkan Batipuh menuju Padang Panjang. Di tengah jalan Hajati menemuinya dan mengatakan bahwa cintanya hanya untuk Zainuddin.

naFF


naFF adalah sebuah grup musik Indonesia yang dibentuk tahun 2000. Anggotanya berjumlah 5
orang yaitu Rusyaedi Makmun/Ady (vokalis, pencipta lagu), Dedi
Rakswardana/Dedi (gitaris, sound engineer), Andre Kurniawan H./Ade (gitaris, pencipta lagu), Odeu Wijaya/Odeu (bassist), dan Hilal Hamzah/Hilal (drummer). Album
pertamanya adalah Terlahir dirilis tahun 2000.
Sukses di album perdana, membuat Naff tak menunggu lama untuk merilis album keduanya, Terbang Tinggi pada 2001, dan disusul oleh Naff pada 2003, Isyarat Hati pada 2006 dan Rahasia Hati pada 2008. Mei 2009, Naff kembali merilis
album keenamnya. Album ini diberi titel Senandung Hati Dan Jiwa. Ada 14 lagu di album yang
mengetengahkan konsep live
recording akustik.




Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Naff?wasRedirected=true

Josh Groban » You Raise Me Up

Josh Groban » You Raise
Me Up 


When I am down and, oh my
soul, so weary;
When troubles come and my
heart burdened be;
Then, I am still and wait here
in the silence, Until you come and sit awhile
with me.
You raise me up, so I can stand
on mountains;
You raise me up, to walk on
stormy seas; I am strong, when I am on
your shoulders;
You raise me up: To more than
I can be.
You raise me up, so I can stand
on mountains; You raise me up, to walk on
stormy seas;
I am strong, when I am on
your shoulders;
You raise me up: To more than
I can be. There is no life - no life
without its hunger;
Each restless heart beats so
imperfectly;
But when you come and I am
filled with wonder, Sometimes, I think I glimpse
eternity.

ADY and MY SOUL

Enonk 2 1/26/2011

He is back...!!!
Ya.... Setelah hampir setahun
tidak terdengar beritanya,
Ady... vokalis yang
menyatakan mengundurkan
diri dari naFF sejak Januari 2010 ini kini kembali dengan
karya-karyanya dalam album
solo yg dia beri judul ITS ME
AND MY SOUL ”. dan ketika ditanya kenapa dia
mengundurkan diri dari naFF,
dia menjawab... “apapun yang ditanyakan kepada saya akan
saya jawab tapi jangan
tanyakan kepada saya tentang
naFF” ucapnya sambil tertawa dengan suara khasnya yang
agak berat..... Bila Kau Jatuh Cinta, ANG, Tak
Seindah Cinta Yang
Semestinya, Kau Masih
Kekasihku, Terendap Laraku,
Bila Nanti Kau Milikku dan
Akhirnya Kumenemukanmu adalah beberapa karya besar
yg pernah lahir dari hati,
fikiran dan nalurinya sebagai
komposer.
Di album solo ini dia berusaha
untuk mengalahkan dirinya sendiri. “Tantangan paling berat dalam membuat album
ini adalah membuat lagu-lagu
yang lebih baik dari lagu-lagu
saya sebelumnya dan itu
bukan pekerjaan yg mudah ” ucap Ady. Di album ini Ady
menciptakan semua lagu-
lagunya, menjadi Music
Direktor (MD) sekaligus sebagai
produser dan merekam semua
lagu-lagunya di 2bintang studio miliknya di Bandung. Jujur setelah saya menyatakan
mundur dari naFF saya hampir
memutuskan untuk tdk lagi
menggeluti dunia panggung.

Istihsan

A. Istihsan
1. Pengertian Istihsan
Secara harfiyah, istihsan diartikan meminta berbuat kebaikan, yakni menghitung-hitung sesuatu menganggapnya kebaikan. (Kamus Lisan al- Arab)
Menurut istilah ulama ushul, istihsan adalah sebagai berikut:
• Menurut Al-Ghazali dalam kitabnya Al-Mustashfa juz I: 137, “Istihsan adalah semua hal yang dianggap baik oleh mujtahid menurut akalnya”.
• Al-Muwafiq Ibnu Qudamah Al-Hambali berkata, “Istihsan adalah suatu keadilan terhadap hukum dan pandangannya karena ada dalil tertentu dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
• Abu Ishaq Asy-Syatibi dalam mazhab Al-Maliki berkata, “Istihsan ialah pengambilan suatu kemaslahatan yang bersifat juz’i dalam menanggapi dalil yang bersifat global”.

Tafsir Al 'Alaq

SURAT AL-‘ALAQ

ﺍﻗﺭﺃﺑﺎﺴﻡﺭﺑﻚﺍﻟﺪﻱﺨﻟﻖ﴿١﴾

Dalam hadits sahih riwayat Bukhari dinyatakan bahwa Nabi saw datang ke gua hira yang terletak di atas sebuah bukit di pinggir kota Mekah untuk berkhalwat beberapa malam. Kemudian sekembali beliau pulang mengambil bekal dari rumah istri beliau, khadijah, datanglah Jibril kepada beliau dan menyuruh membaca.
Nabi menjawab:”Aku tidak bisa membaca”. Jibril merangkulnya hingga Nabi merasa sesak nafas. Jibril melepaskannya, sambil berkata:”Bacalah”. Nabi menjawab:”Aku tidak bisa membaca”. Lalu dirangkulnya lagi dan dilepaskannya sambil berkata:”Bacalah”. Nabi menjawab:”Aku tidak bisa membaca” sehingga Nabi merasa payah, maka jibril membacakan ayat 1 sampai ayat 5 surat Al-‘Alaq.
Lalu Nabi dengan gemetar dan ketakukan pulang menemui istri beliau dan mengatakan:”Selimutilah aku! Selimutilah aku!”. Nabi terus diselimuti sehingga hilanglah kegelisahannya. Lalu beliau mencerritakan kepada Khadijah apa yang terjadi dan beliau menambahkan:”Aku sangat kuatir apa yang akan terjadi atas diriku”.

Kemauan Dalam Psikologi Umum

KEMAUAN
1. Pengertian Kemauan
Kemauan adalah dorongan kehendak yang terarah pada tujuan-tujuan hidup tertentu, dan dikendalikan oleh pertimbangan akal budi. Jadi, pada kemauan itu ada kebijaksanaan akal dan wawasan, di samping itu juga ada kontrol dan persetujuan dari pusat kepribadian. Oleh kemauan, timbullah dinamika dan aktivitas manusia yang diarahkan pada pencapaian tujuan hidup tertentu.
Kemauan merupakan dorongan keinginan pada setiap manusia untuk membentuk dan merealisasikan diri, dalam pengertian: mengembangkan segenap bakat dan kemampuannya, serta meningkatkan taraf kehidupan. Jelasnya, dengan kemauan kuat diri sendiri itu dijadikan proyek untuk dibangun dan diselesaikan, sesuai dengan gambaran ideal tertentu.

Cari disini

Cerita² Enonk

#Pengunjung

Instagram